Home
Artikel
Cara Ampuh Meningkatkan Produktivitas

Cara Ampuh Meningkatkan Produktivitas

Apakah kamu sering menunda-menunda pekerjaan atau tugas penting? Kalau iya, kamu berada di halaman website yang tepat! Dalam artikel ini, saya akan membahas tentang cara ampuh meningkatkan produktivitas dan menghilangkan kebiasaan menunda-nunda. 

Penyakit menunda-nunda ini sudah sangat lama saya derita. Contohnya ketika saya harus menulis essay untuk sebuah konferensi yang ingin saya hadiri beberapa tahun lalu. Setiap kali saya membuka laptop untuk mengerjakan essay ini, timbul rasa gundah dan seakan ada setan yang membisiki saya untuk tidak mengerjakan essay ini. Bisikannya kurang lebih seperti ini kayaknya teman kamu mengomentari status kamu di Facebook. Coba cek dulu atau kamu sudah lama tidak menelpon teman kamu, gimana kabarnya?. Alhasil, saya cek Facebook saya dan chat teman-teman saya. Tanpa saya sadari sekian jam sudah berlalu. Rasa frustasi dan rasa bersalah pun kembali menyelimuti hati. 

Pengalaman seperti ini tentunya tidak asing buat kita semua. Menunda biasanya terjadi karena pekerjaan yang musti kita lakukan sulit atau tidak menyenangkan. Menurut apa yang saya baca, ketika kita memulai melakukan pekerjaan yang tidak kita sukai, pusat rasa sakit di otak kita akan menyala sehingga otak kita mencoba mengelabuhi kita untuk melakukan susuatu yang lebih menyenangkan, contohnya membuka aplikasi social media. Ini akan membuat kita senang dan rasa tidak nyaman diakibatkan oleh tugas tadi pun akan hilang. 

Namun tidak banyak yang menyadari bahwa rasa tidak nyaman ini hanya berlangsung sementara. Jika kita bisa memulai bebepa menit saja, rasa tidak nyaman ini akan hilang. Oleh karena itu, kita perlu metode yang ampuh supaya kita bisa memulai dengan focus dan menikmati proses pengerjaan tugas ini. Metode ini disebut dengan Promodoro technique 

Pomodoro versus Big Rocks: A Productivity Smackdown - the BlacklightPromodoro berarti tomat dalam bahasa Italia. Diberi nama Promodoro karena timer yang digunakan dalam teknik ini berbentuk tomat. Tapi kita bisa mengunakan HP atau timer yang ada di laptop. 

Bagaiamana cara kerjanya? Yuk simak langkah-langkah berikut. 

1.    Siapkan tugas ingin kamu kerjakan

2.    Jauhkan gangguan

Silent HP kamu dan jauhkan hal-hal lain bisa menganggu fokus kamu. 

3.    Atur timer selama 25 menit. 

Selama 25 menit kamu harus fokus dengan tugas kamu. Kalau kamu teringat dengan hal lain yang perlu kamu kerjakan, dicatat dulu dan kembali fokus ke tugas kamu. 

4.    Istirihat 5-10 menit

Setelah berhasil fokus selama 25 menit, hadiahi diri kamiu dengan 5-10 menit istirahat. Waktu ini istirahat ini bisa kamu gunakan untuk melakukan sesuatu yang kamu suka seperti main game, cek Facebook, atau makan snack kesukaan kamu. 

5.    Istirahat lebih panjang setelah empat putaran (100 menit) 

Setelah empat kali melakukan Promodoro, kamu bisa beristirahat selama 20-30 menit. Istirahat ini penting untuk merilekskan pikiran kamu yang sudah fokus cukup lama. Biasanya ide baru atau pemecahan masalah dari tugas yang kamu kerjakan muncul dalam fase ini. 

 

Tentunya teknik ini tidak mudah dilakukan terutama bagi pemula. Namun percayalah kuncinya adalah MEMULAI!. Rasa tidak nyaman yang kita rasakan ketika mengerjakan sesuatu yang kita tidak gemari itu hanya sementara. Rasa ini hanya ilusi belaka! Ketika kita bisa memulai, beberapa menit kemudian kita akan menikmati prosesnya. Pada akhirnya, ini akan menjadi kebiasaan kita dan penyakit menunda-nunda akan berangsur menghilang. 

Jadi tunggu apa lagi? Kalau kamu mau hari-harimu lebih produktif, coba teknik ini dan nikmati perubahan-perubahan positif yang akan terjadi pada hidupmu. 

 

 

Tentang Penulis: 
Made Soma merupakan alumni Unmas Denpasar angkatan 2008 jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. Sejak lulus pada tahun 2012 sampai sekarang, dia terus berkarir di bidang pendidikan. Saat ini dia merupakan pendiri Jembatan Bahasa (link: www.jembatanbahasa.com ) dan JB English (Link: www.english.jembatanbahasa.com). Untuk mengenal Soma lebih jauh, silakan kunjungi blognya di www.madesoma.com (Link: www.madesoma.com )

Testimonial

Tambah Testimonial
  • Test... 9970013896

  • mantap... 12120003

Our Gallery